Migrasi dan Instalasi PABX menjadi IP PBX / VOIP

August 9, 2018

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat pesan dari salah satu customer yang sedang mengalami kendala internal terkait telekomunikasi/telepon baik dari dalam maupun dari luar. Diantaranya kendala tersebut mulai dari suara, keterbatasan fitur, recording, interaktif voice respone (IVR), keterbatasan extention, keterbatasan line, dan lain sebagainya.

Karena System PABX yang sebelumnya mau mengubah nomor, menambah nomor, melakukan recording, merubah IVR sangat sulit bagi orang awam. Harus panggil vendor untuk melakukan task yang bagi orang awam sangat sulit.

Karena problematika dan kendala di atas, saya menyarankan untuk replacement/pergantian/migrasi ke perangkat yang lebih canggih dan murah yakni telepon berbasis IP, atau disebut IP PBX. Bahkan tidak dibayangkan sebelumnya, dengan menggunakan IP PBX kita bisa menggabungkan bermacam-macam provider telekomunikasi dalam 1 server IP PBX.

Dengan Demikian customer bebas melakukan panggilan melalui provider mana sehingga, biaya reguler yang dikeluarkan bisa ditekan bahkan gratis selamanya. Customer yang biasanya tagihan telepon regulernya 8 juta sampai 9 juta per bulan, sekarang hanya membayar 60-70% lebih murah. sekitar 2-3 juta per bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *